-->

10 Cara Mengatasi Jerawat Bernanah dan Gatal

Cara menghilangkan jerawat bernanah untuk sebagian orang, cukup mengganggu penampilan. Selain dapat mengurangi kepercayaan diri seseorang, munculnya jerawat sebagai indikasi kebersihan kulit wajah. Semakin kalian memelihara kebersihan, kotoran / jerawat tak akan timbul pada tubuh kalian.
10 Cara Mengatasi Jerawat Bernanah dan Gatal

Bukan cuma terdapat pada bagian wajah kalian, namun penyebab jerawat yang bernanah juga bisa muncul di bagian tubuh yang lain, seperti jerawat di punggung. Jerawat yang didalamnya terdapat nanah umumnya cenderung menjangkiti para remaja puber sebab hormon penyebab timbulnya jerawat belum begitu stabil. Kebanyakan juga sebab mempunyai kulit sensitif dan berminyak.

Penyebab Jerawat Bernanah


Penyebab jerawat bernanah tersebut adalah dari kotoran seperti debu, polusi dan sebagainya yang mengenai wajah. Sifat zat tidak steril ini memicu bakteri penyebab timbulnya masalah kulit wajah, biasanya timbul didaerah pipi & dahi.

Dikarenakan jerawat gatal sehingga dengan refleks tangan kalian ingin menyentuhnya. Bayangkan jika tangan dalam kondisi yang kotor, kemudian menggaruk, akan keluar cairan yang bening. Nah inilah sumber yang mengakibatakan jerawat bernanah.

Cairan yang berwarna bening tersebut keluar dan meyebar menjadi biji jerawat. Apabila tidak cepat dibersihkan, maka bisa timbul jerawat yang baru. Terkadang, bagian yang gatal pada tubuh kalian terletak di punggung & wajah. Karena sekresi minyak di kelenjar sebum kulit begitu banyak keluar dari sana.

Jerawat nanah bila dibiarkan saja bakal bertambah parah, dengan itu diperlukan teknik dalam mengatasi jerawat bernanah secara hati-hati.

Cara menghilangkan jerawat bernanah dan gatal


1. Bawang Putih


Tips Mengatasi jerawat meradang menggunakan bawang putih bisa membantu memulihkan jerawat bernanah yang telah mengalami radang. Caranya yaitu dengan :

Siapkan 3 siung bawang putih kemudian tumbuk.

    Oleskan ke bagian yang terdapat jerawat.

    Diamkan hingga 10-15 menit.

Untuk mendapat hasil yang maksimal disarankan bawang putih tersebut juga dikonsumsi, ini berguna untuk penyembuhan dari dalam tubuh.

2. Jeruk Nipis


Jeruk nipis yang segar & digunakan sebagai bahan untuk minuman, ini juga berguna untuk kesehatan kulit yaitu untuk menghilangkan jerawat. Sifat asam yang terkandung didalamnya dan anti bakteri cocok untuk mengobati jerawat bernanah. Kalian dapat membuatnya, Caranya yakni :

Siapkan Jeruk nipis lalu iris jadi 2 bagian.

Mulai lakukan proses fermentasikan dengan cara memerasnya kemudian masukan ke dalam botol.

    Tunggu Sampai Keesokan harinya.

    Jika sudah siap bersihkan wajah kalian.

    Oleskan di bagian jerawat kalian.

    Lakukan dengan rutin tiap hari.

3. Dengan Madu


Gizi yang terdapat di dalam madu sangat banyak, segingga cocok untuk menjaga kesehatan tubuh & manfaat masker madu dapat mengatasi masalah jerawat. Manfaatnya yitu mampu mengurangi serta membersihkan kulit yang berjerawat.

Penggunaan secara rutin setiap hari bagus untuk mengatasi masalah jerawat bintik hitam dan bernanah. (baca : Cara Menghilangkan Jerawat dengan Madu). caranya antara lain adalah :

Oleskan madu secara merata pada bagian muka kalian.

    Tunggulah hingga 20 menit.

    Bilaslah menggunakan air hangat.

    Keringkan muka menggunakan handuk hingga kering.

4. Belimbing Wuluh


Belimbing wuluh adalah buah yang lazimnya dimanfaatkan untuk menambah rasa asam pada masakan. Zat yang terkandung didalam buah belimbing wuluh kaya akan vitamin C, oleh sebab itu dapat digunakan untuk anti bacterial sebagai bahan perawatan wajah yang berjerawat. Caranya adalah :

Ambil 3-5 belimbing wuluh berukuran sedang.

    Cuci wajah kalian terlebih dahulu.

    Haluskan belimbing tersebut hingga bisa dimanfaatkan untuk masker.

    Tempelkan di bagian wajah yang terdapat jerawat.

    Diamkan lebih kurang 15-25 menit.

    Bilas menggunakan air hangat.

    Lakukan secara rutin selama 3 hari.

5. Jagung Muda


Tidak disangka jika si kuning ini punya khasiat tinggi pada bidang kesehatan. Antara lain bisa dipakai untuk mengatasi jerawat yang bernanah. Dibawah ini langkah penggunaanya :

Siapkan jagung muda secukupnya kemudian parut tersebut hingga lembut.

    Campurkan telur putih & jagung muda tadi secara merata.

    Bersihkan wajah kalian terlebih dahulu menggunakan pembersih.

    Kemudian oleskan di wajah.

    diamkan lebih kurang 40- 25 menit.

    Bilas menggunakan air hangat.

*Saran : gunakan pada malam hari. Karena reorganisasi sangat efektif pada saat petang.

6. Selalu Menjaga Kulit Wajah tetap Lembab


Saat kalian merasa berkeringat, usap menggunakan tisu, karena keringat dapat menjadi sumber dari penyebab jerawat. Bila jerawat bernanah kalian terkena keringat, maka akan terasa gatal hingga akan secara reflek akan digaruk dengan tangan.

7. Menggunakan Sabun Cuci Muka yang Cocok untuk kulit kalian


Cara untuk menangani masalah jerawat juga tergantung dari jenis pembersih / facial wash yang kalian pilih. Kalau untuk kulit yang berminyak (kebanyakan kulit jerawat berminyak dan bernanah) baiknya menggunakan bahan pembersih muka yang sedikit mengandung minyak.

Gunakanlah sabun cuci muka yang memiliki pH yang cocok dengan kulit kalian. Bila jenis kulit berminyak, gunkanlah sabun yang mempunyai kandungan asam, setidaknya yang memiliki pH 2,5. Tetapi untuk kulit yang cenderung lebih kering, gunakan pH balance. Yaitu sekitar 6-7.

8. Banyak Mengkonsumsi Buah & Sayur


Cara untuk mengatasi jerawat yang bernanah, tidak hanya perawatan dari luar saja. Tapi juga perlu perawatan dari dalam. Satu diantaranya yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang dapat menghilang jerawat, banyak terdapat serat seperti buah & sayur. Makanan yang kaya vitamin E akan bagus untuk kulit kalian. Dengan tercukupnya nutrisi di tubuh, maka akan membuat regenerasi sel kulit mati cepat berlangsung.


9. Meminum Jahe


Selain dimanfaatkan untuk membersihkan suara, jahe juga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Karena terkandung anti bakteri & anti inflamasi yang sangat baik digunakan untuk pengobatan jerawat. Caranya yaitu dengan meminum jus jahe dengan rutin. Ini merupakan pengobatan dari dalam.

10. Banyak Melakukan Olahraga


Sesudah merawat tubuh dari luar & dalam, kalian juga perlu olah tubuh supaya sirkulasi darah lancar. Dengan melakukan olahraga ini akan membuat sirkulasi dalam tubuh menjadi lancar, jadi sistem peredaran darah jadi lebih baik. Penyebab munculnya jerawat pada saat menstruasi satu diantara faktor penyebabnya yaitu darah kotor. Dengan sirkulasi darah yang lancar, secara otomatis darah kotor itu dihancurkan. Kulit akan menjadi sehat kembali.

Cara Untuk Mencegah Jerawat yang Bernanah


Jangan menyentuh & menggaruk permukaan kulit kalian yang gatal supaya menjaganya agar tidak timbul rasa gatal, kalian bisa sesering mungkin untuk mandi.

Jangan memencet atau memecahkan jerawat di wajah dampaknya adalah, jerawat tersebut akan meninggalkan bekas luka serta flek hitam (bekas jerawat) ini proses penyembuhannya akan memakan waktu cukup lama.

Membersihkan wajah selalu Usahakan menggunakan sabun wajah Dua kali sehari. Pembersih wajah berjenis two in one serta pembersihanya memakai kapas, kalian dapat melakukan tretment ini minimal Dua kali sehari. Jangan lupa untuk membersihkan pada saat pagi hari, ketika akan tidur serta setelah melakukan aktivitas diluar rumah.

Kurangi Tidur terlalu larut malam Proses Regenerasi kulit terjadi pada saat malam hari. Bila kondisi tubuh tidak rileks, maka regenerasi tersesebut tidak berjalan maksimal. Tidur larut juga dapat menurunkan kekebalan tubuh / imunitas kalian.

Menggunakan alat kosmetik yang steril Cara menangani jerawat bernanah menggunakan sendok luna perlu dibersihkan menggunakan alkohol dahulu. supaya kuman yang terdapat pada jerawat satu, tidak menyebar ke bagian lainya, sehingga jerawat tersebut menjadi tumbuh semakin banyak. (baca : 9 Cara Menghilangkan Jerawat Akibat Salah Kosmetik)

Sebenarnya cara yang sangat mudah & umumnya orang lakukan ialah dengan mengkonsultasikanya ke dokter. Memang lcara ini lebih aman, dan bahan-bahanya telah rekomendasi seluruhnya. Tapi biayanya cukup mahal, dan sifatnya yang membuat kecanduan. Maka ketika kalian menggunakannya, jerawat dapat cepat sembuh jerawat, Kemudian jika kalian menyetop untuk mengonsumsinya, kulit akan mengalami gangguan. Untuk ini kalian harus tetap menggunakan resep dokter.

Cara aman yaitu dengan mengonsumsi bahan-bahan yang alami sebab efek sampingnya kecil. Kegunaannya selain untuk kulit, juga untuk menjaga kesehatan. Kalian sehat, kulit akan sehat, maka jerawat akan hilang.

Note: only a member of this blog may post a comment.